JENIS KAMERA CCTV

Posted by masteradmin 15/09/2016 0 Comment(s) CCTV,

JENIS KAMERA CCTV

Camera CCTV adalah suatu alat perekam suatu banyangan yang kemudian ditampilkan pada suatu jalur monitor/ televisi tertutup karena hanya sebagian atau orang tertentu saja yang dapat mengakses.

 

Camera CCTV terdiri dari dua kata: camera dan CCTV. 
Asal muasal kata Camera dari kata camera obsura, yang berarti ruang gelap yang dapat diartikan sebuah alat yang mempunyai fungsi merekam suatu banyangan.


Sedangkan CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television / jalur televisi  tertutup, yang  dalam pengertiannya bahwa sebuah CCTV sistem bersifat tertutup dari lingkungan umum, atau kata lain yang dapat mengakses CCTV sistem tersebut adalah hanya bagian atau orang tertentu saja.

 

Kamera CCTV dapat dibedakan menjadi beberapa type yaitu kamera Fixed Dome, kamera IP, kamera wireless dan kamera PTZ (Pan/Tilt/zoom).
Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran anda. Jika anda membutuhkan sebuah kamera yang perlu diperhatikan adalah mempelajari spesifikasi kamera CCTV sebelum membeli. Biasanya spesifikasi yang diberikan berupa format lensa CCD (Charge Coupled Device) yang memiliki ukuran tipikal (1/2″, 1/3″dan 1/4″), TV Lines yang berkaitan dengan resolusi gambar, LUX yang berkaitan dengan kesensitifan kamera terhadap cahaya, Varifocal lens yang berkaitan dengan pegaturan sudut/jarak pandang kamera dan bisa diatur secara manual, indoor, outdoor, dan lain-lain.

 

Berdasarkan lokasi penempatan, Kamera CCTV dapat dibedakan menjadi Indoor Camera dan Outdoor Camera. 

 

INDOOR CAMERA

  1. Dome Camera,  Dome Camera cocok untuk mengawasi ruangan tertutup seperti Kantor, Rumah, toko, ataupun gedung pertemuan ataupun ruangan indoor lainnya. camera jenis akan terlihat rapi jika pemasangan dilakukan oleh tenaga proffesional
  2. DOME IR CAMERA,  Dome IR Camera secara fungsional lebih kopleks dari dome biasa karena sudah dilengkapi oleh system Infra Red sehingga dapat   melihat dalam kondisi gelap total sekalipun sesuai dengan kemampuan infranya
  3. Standar Camera,  Standar Camera paling sering digunakan untuk Bank atau ruangan eksklusif laninnya karena bentuknya yang stailis dan     elegant. CCTV jenis ini bisa disesuaikan sudut pandangnya sehingga dapat menghasilkan gambar yang sesuai kebutuhan. Lensa pada camera dapat diganti-ganti sesuai selera ataupun kebutuhan lokasi yang diamati.

 

OUTDOOR CAMERA

  1. IR OUTDOOR CAMERA dapat digunakan untuk memantau wilayah yang rentan terkena air hujan karena kamera jenis ini tahan   terhadap air dan lebih kuat terhadap goresan.  Selain itu CCTV jenis ini juga bisa melihat dalam kegelapan dan sudah dilengkapi dengan infra merah. Jarak yang terpantau saat gelap + 10meter
  2. IR OUTDOOR Long Distance,  CCTV IR Out Door Long Distance dapat digunakan untuk area kegelapan yang sangat jauh.  CCTV jenis ini sangat memungkinkan untuk digunakan pada lorong ataupun area yang luas seperti Bandara, dll.
  3. ZOOM CAMERA,  Sesuai dengan namanya camera jenis ini mempunyai keunggulan bisa melihat object benda yang sangat jauh bahkan dalam radius   ratusan meter.  kamera jenis ini biasa digunakan untuk  memantau area yang sangat luas dan  jauh.  kekuatan zoom 22x-27x optical zoom
  4. SPEED DOME CAMERA,  Speed Dome camera adalah CCTV yang paling canggih karena semua fitur ada di camera jenis ini.  bisa Zoom, bisa bergerak kanan, kiri, atas, bawah, dan tahan hujan atau cuaca  bisa dicontrol dari internet / jarak jauh
  5. IR SPEED DOME CAMERA,  CCTV Tercanggih, terlengkap, dan paling banyak diminati untuk proyek jalan tol, Pembangkit Listrik, dan Tower.Bisa Zoom, Bisa digerakkan kanan, kiri, atas, bawah,  serta tahan hujan dan cuaca dan yang terpenting bisa melihat dalam keadaan gelap juga.     

 

Leave a Comment